Training Jaringan Komputer Sertifikasi Cisco

Training Jaringan Komputer Cisco di NetCampus

Salah satu profesi di bidang teknologi informasi yang sangat prospektif saat ini adalah sebagai profesional di bidang jaringan komputer atau lazim di sebut sebagai Network Engineer. Mereka inilah yang menjadi tulang punggung interkoneksi jaringan komputer sehingga kita semua bisa saling terhubung melalui jejaring komputer khususnya internet. Para profesional Network Engineer ini sangat diperlukan untuk mendesain, membangun, dan melakukan perawatan jaringan komputer karena saat ini banyak model bisnis bergantung dengan jaringan komputer. Ambil contoh bagaimana perbankan saat tergantung dengan jaringan komputer untuk koneksi antar bank dan mesin ATM-nya agar transaksi perbankan bisa berlangsung seketika. Para network engineer ini biasa menghandle perangkat Cisco dan memiliki kemampuan network engineering melalui training jaringan komputer sertifikasi cisco.

Beberapa perusahaan sekarang model bisnisnya sudah dalam kategori IT Driven-Business model dimana ujung tombak omset pemasukan bagi perusahaan ada pada operasionalisasi IT seperti transaksi online yang ada di perbankan. Menariknya terkadarng profit terbesar perbankan tsb di dapat dari fee transaksi melalui online banking melebihi profit dari aktivitas perbankannya itu sendiri. Sehingga beberapa bank besar seperti BCA dan BRI sebenarnya lebih cocok di sebut sebagai perusahaan IT atau setidaknya disebut sebagai perbankan dengan IT Driven-Business Model.

Belum lagi kalau kita bicara mengenai Datacenter, IoT (internet of things), cloud computing dan sejenisnya, itu semua tak mungkin terwujud tanpa kehadiran para Network Engineer. Sedemikian tergantungnya kita dan juga korporasi besar terhadap para profesional ini agar seluruh sistem jaringan komputer bisa berjalan dan terkoneksi dengan baik.

Saking tergantungnya kita, saat ini sulit membayangkan hidup kita tanpa internet, sama seperti sulitnya kita membayangkan hidup tanpa adanya listrik. Karena sekarang internet dan keterkoneksian digital kita menjadi salah satu kebutuhan primer karena dengannya kita mencari informasi dan tentunnya mencari penghasilan.

Program Training Jaringan Komputer

Karena hampir 70% perangkat jaringan komputer yang digunakan di seluruh dunia menggunakan perangkat buatan Cisco System maka training jaringan komputer yang saat ini populer mengacu pada teknologi jaringan berbasis perangkat dari perusahaan tersebut. Oleh karenaya, sering diucapkan training jaringan komputer ini sebagai Training Cisco. Ini wajar terjadi karena sebagai pemimpin pasar maka secara otomatis Cisco juga membutuhkan banyak engineer yang mampu menginstalasi, menjalankan, dan melakukan troubleshooting.

Oleh karenanya Cisco secara inovatif melakukan partnership dengan lembaga pendidikan dan lembaga training untuk dapat menyelenggarakan training jaringan komputer sertifikasi cisco bagi para network engineer yang mampu mengoperasikan perangkat Cisco.

Salah satu lembaga training yang yang di dukung penuh oleh Cisco System adalah berdirinya Cisco Networking Academy Program. Program ini adalah program training jaringan komputer sertifikasi cisco yang secara khusus di desain oleh Cisco System dan difasilitasi secara langsung oleh mereka dalam bentuk kombinasi pengajaran e-learning dan hands on training. Begitu populernya program ini sehingga ada di hampir 160 negara di dunia atau hampir semua negara di bumi ini memiliki program Cisco Academy, bayangkan!

Tentu saja pasti ada pengecualian untuk negara-negara tertentu yang dikategorikan sebagai “musuh” oleh Amerika seperti : Iran, Korut, dan Kuba dimana Cisco Academy dilarang berdiri di sana.

Cisco Academy bertujuan menghasilkan network engineer yang memiliki kualifikasi dasar sebagai seorang profesional di bidang jaringan komputer. Di dalamnya terdapat jenjang training berdasarkan hierarki sertifikasi dari Cisco Systems, seperti CCNA dan CCNP. Namun demikian tidak hanya program training cisco saja, Cisco Systems juga melakukan kerjasama dengan vendor lain menjalankan training seperti cabling (bekerjasama dengan Panduit), IT Essential (dengan HP), Java (dengan SUN), dsb.

Hierarki Sertifikasi Cisco

Selain Cisco Academy, Cisco bekerjasama dengan lembaga training swasta menyelenggarakan program yang umumnya bersifat crash program (fast track). Program ini diselenggarakan oleh lembaga training yang merupakan learning partner dari Cisco Systems. Training pun masih mengacu pada hierarki sertifikasi dari Cisco Systems seperti CCNA, CCNP, CCIE, dsb.

Di Indonesia sudah ada banyak Cisco Academy khususnya yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan formal. Di Jakarta sendiri setidaknya ada 3 provider training Cisco Academy yang dinilai baik kualitasnya yaitu : Cisco Academy FTUI, Cisco Academy di Binus Center, dan Cisco Academy di NetCampus Training Center. Ketiganya sudah menjalankan program ini secara kontinu sudah lebih dari 10 tahun, jadi cukup berpengalaman.

Kalau dilihat dari jumlah lulusannya maka Program Cisco Academy di NetCampus Training Center, yang berlokasi di Jalan Sawo no.19 Rawamangun, Jakarta ini telah menghasilkan jumlah lulusan yang banyak dan kini berkiprah sebagai Network Engineer di berbagai sektor industri dan bisnis.***

Rekomendasi Artikel :

Review Artikel : Training Jaringan Komputer Sertifikasi Cisco

  • Apakah artikel ini bermanfaat buat Anda?
  • Apakah artikel ini layak untuk di share dan diviralkan?
  • Apakah Anda suka dengan artikel ini?
  • Secara keseluruhan berapa skor artikel ini?
4.5

Summary

Artikel mengenai training jaringan komputer sertifikasi cisco ini sangat bermanfaat buat mereka yang ingin berkarir di dunia jaringan komputer. Layak di share dan diviralkan.