Menjadi Network Engineer melalui Cisco Academy

Network engineer melalui cisco academy

Salah satu program training khusus di bidang jaringan komputer yang dianggap terbaik di dunia adalah Cisco Networking Academy Program atau biasa di singkat sebagai CNAP. Program ini merupakan program training jaringan komputer yang di desain dan difasilitasi oleh salah satu vendor jaringan komputer terkemuka di dunia yaitu Cisco System untuk menghasilkan Network Engineer. Di mana dari mulai kurikulum, Portal E-Learning, dan hingga infrastruktur training CNAP ini di dukung sepenuhnya oleh perusahaan ini. Program ini adalah cara termudah menjadi network engineer melalui Cisco Academy.

Network engineer adalah suatu bidang profesi dalam teknologi informasi yang bertugas untuk menangani jaringan komputer baik LAN (Local Area Networking) maupun WAN (Wide Area Networking) dari mulai perencanaan jaringan, instalasi dan konfigurasi perangkat jaringan, sampai dengan proses troubleshootingnya sehingga berfungsi dengan baik dan stabil untuk mendukung operasional bisnis suatu organisasi atau perusahaan.

Cisco Systems Penyelenggara Cisco Academy

Mengapa Cisco repot-report menyelenggarakan program ini padahal biaya yang dikeluarkannya terhitung tidak sedikit pula?

Selain sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibiliy perusahaan, program CNAP ini juga mendukung proses penguatan di sisi ketersediaan SDM Network Engineer yang bisa menangani proses desain, instalasi, dan maintenance jaringan komputer berbasis produk Cisco System. Pada gilirannya para customer Cisco System merasa nyaman berinvestasi pada infrastruktur IT dengan produk Cisco karena jaminan SDM yang handal dalam menangani perangkat Cisco.

Program CNAP ini adalah suatu kegiatan training untuk mempelajari jaringan komputer yang mengintegrasikan konsep belajar E-learning dengan aspek praktikal berupa  Hands On Training. Metode pengajaran merupakan kombinasi yang sistematis antara pengajaran teori dan kegiatan praktek sesuai dengan kurikulum atau silabus yang telah disusun oleh Cisco System dan hal ini berlaku untuk seluruh program training network engineer oleh Cisco Academy di seluruh negara-negara di dunia.

Menjadi network engineer melalui cisco academy

Proses pembelajaran training Cisco Academy di selenggarakan dengan dipandu oleh para instruktur yang  telah memiliki sertifikasi internasional baik CCNA (Cisco Certified Network Associate) maupun CCAI (Cisco Certified Academy Instructor) yang dikeluarkan oleh Cisco System sebagai syarat kualifikasi instruktur di CNAP. Dengan demikian proses pengajaran ataupun belajar-mengajar di program ini dipastikan diselenggarakan dengan standar internasional mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan sendiri oleh Cisco Systems.

Siswa peserta program training Cisco Academy akan mengikuti program training yang terbagi dalam 4 tahapan yang diistilahkan dengan semester dengan perincian sebagai berikut : Semester 1 dibahas mengenai dasar-dasar jaringan komputer, Semester 2 membahas dasar-dasar router dan routing, Semester 3 membahas dasar-dasar switching dan routing lanjutan, dan Semester 4 membahas mengenai teknologi WAN. Diharapkan setelah selesai mengikuti program training akan menjadi Network Engineer yang handal.

Menjadi network engineer melalui cisco academy

Bila selesai mengikuti semua tahapan maka siswa akan mendapat sertifikat setiap semesternya, sertifikat dari lokal akademi, dan voucer discount hingga 50% untuk mengikuti ujian internasional CCNA (selama masih ada pemberlakuan program voucher dari Cisco System). Voucher diskon ini lumayan nilainya mengingat biaya exam CCNA international sekitar USD295 atau sekitar 5 juta kalau di rupiahkan. Dengan memiliki voucher ini kita bisa membayar separuhnya saja.

Menjadi Network Engineer

Lulusan program Cisco Academy dengan sertifikasi CCNA sudah diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus Cisco Academy banyak bekerja diperusahaan multinasional baik di dalam maupun di luar negeri. Kesempatan bekerja di luar negeri menjadi network engineer membentangkan harapan mendapatkan penghasilan yang relatif besar bila dibandingkan bekerja di dalam negeri.

Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat cisco di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program Cisco Academy memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi. Apalagi hampir seluruh industri atau perusahaan memiliki infrastruktur jaringan komputer yang harus dirawat dan dikembangkan mengikuti perkembangan bisnis perusahaan dan teknologi. Jadi kebutuhan tenaga network engineer mutlak diperlukan di setiap perusahaan apapun industrinya.

Di Jakarta setidaknya ada 3 lokasi training Cisco Academy yang direkomendasikan yaitu Cisco Academy LA FTUI, Cisco Academy di Binus Center, dan Program Training Cisco Academy di NetCampus Training Center yang beralamat di Jl. Sawo No.19 Rawamangun, Jaktim, telp. 021-47884163/68. ***

Rekomendasi Artikel :

Review Artikel : Menjadi Network Engineer melalui Cisco Academy